Sejarah

Berdasarkan Peraturan Kepala BPPT No : 170/Kp/KA/BPPT/IV/2006, tentang Organisasi dan Tata Kerja BPPT disebutkan bahwa Biro Perencanaan mempunyai tugas melaksanakan dan mengkoordinasikan penyusunan rencana program dan anggaran administrasi kerjasama serta evaluasi dan pelaporan. Dalam melaksanakan tugasnya, Biro Perencanaan menyelenggarakan fungsi sebagai berikut :

  1. Penyiapan koordinasi serta penyusunan rencana program dan anggaran
  2. Penyiapan dan pelaksanaan administrasi kerja sama
  3. Pengkoordinasian dan penyusunan evaluasi dan pelaporan

Dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) tersebut, Biro Perencanaan melakukan koordinasi baik dengan pihak internal maupun eksternal. Koordinasi dengan pihak internal yaitu dengan unit-unit kerja di lingkungan BPPT dalam rangka penyusunan program BPPT secara makro, sehingga dengan disepakatinya program BPPT secara makro, maka diharapkan koordinasi dengan pihak eksternal menjadi lebih baik. Pihak eksternal yang terkait adalah Kementrian Riset dan Teknologi (KRT), Bappenas, Direktorat Jendral Anggaran (DJA), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) khususnya Komisi VIII, Pemerintah Daerah serta mitra dan lembaga donor.Dalam perjalanan sejarahnya Biro Perencanaan telah mengalami beberapa kali perubahan struktural. Pada tahun 1992 berdasarkan SK Ketua BPPT No: 002 terjadi perubahan dari Bagian Perencanaan yang semula berada di bawah Biro Personalia dan Diklat menjadi Biro Perencanaan, karena tuntutan semakin bertambahnya tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang harus dilaksanakan. Setelah itu terjadi 4 kali perubahan mengikuti proses restrukturisasi dan reorganisasi BPPT yaitu tahun 1998, 2000 , 2001 dan 2006. Perubahan paling akhir di tahun 2006, sesuai dengan Keputusan Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Nomor : 170/Kp/KA/BPPT/IV/2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi telah ditetapkan mereorganisasi Biro Perencanaan untuk membawahi tiga bagian yaitu Bagian Program dan Anggaran, Bagian Kerjasama, Bagian Evaluasi dan Pelaporan, serta beberapa kelompok jabatan fungsional perencana.

Dalam kurun waktu sejak BPPT didirikan oleh Prof Dr Ing BJ Habibie, tahun 1978 sampai tahun 1992, Perencanaan masih merupakan unit Bagian dari Biro Personalia, Kedeputian Bidang Administrasi BPP Teknologi. Seiring dengan dinamika tugas dan kebutuhan, BPP Teknologi melakukan reorganisasi , termasuk Unit Bagian Perencanaan ikut pula berubah, dinaikkan tingkat struktur nya menjadi unit setingkat eselon II dan namanya berganti menjadi Biro Perencanaan. Diawal perubahan, Biro Perencanaan terdiri dari 4 Bagian yaitu :

  1. Bagian Program , yang mempunyai sub antara lain :
    • Sub Bagian Penyusunan Program Pembangunan
    • Sub Bagian Penyusunan Program Rutin
  2. Bagian Evaluasi dan Pelaporan, dengan sub antara lain :
    • Sub Bagian Evaluasi Program Pembangunan
    • Sub Bagian Evaluasi Kerjasama Teknik
    • Sub Bagian Dokumentasi dan Pelaporan
  3. Bagian Kerjasama Teknik, dengan sub antara lain :
    • Sub Bag Kerjasama Teknik
    • Sub Bag Bantuan Luar Negeri
  4. Bagian Pengolahan Data dan Informasi, dengan sub antara lain :
    • Sub Bagian Pengumpulan dan Pelayanan Data
    • Sub Bagian Pelayanan Jaringan

Pada Tahun 1998, BPPT melakukan reorganisasi kembali, dan lagi-lagi Biro Perencanaan termasuk salah satu unit yang ikut berubah, tingkat struktur tetap sebagai unit eselon II tetapi menjadi terdiri hanya 3 bagian yaitu :

  1. Bagian Program, dengan sub bag antara lain :
    • Sub Bagian Administrasi Program
    • Sub Bagian Data dan Informasi
  2. Bagian Kerjasama Teknik, dengan Sub Bagian antara lain :
    • Sub Bagian Kerjasama Teknik Dalam Negeri
    • Sub Bagian Kerjasama Teknik Luar Negeri
  3. Bagian Evaluasi dan Pelaporan, dengan Sub Bagian antara lain :
    • Sub Bagian Evaluasi
    • Sub Bagian Pelaporan

Masih dalam rangka optimalisasi organisasi, dalam rangka efektifitas dan efisiensi, pada tahun 2006 BPPT melakukan kembali reorganisasi yang sekaligus diiringi dengan restrukturisasi . Biro Perencanaan kali ini mendapat satu tambahan unit setingkat eselon IV di Bagian Program , sehingga formasi unit di Biro Perencanaan sejak tahun 2006 adalah sbb :

  1. Bagian Program, dengan sub bag antara lain :
    • Sub Bagian Program
    • Sub Bagian Pelayanan Data
    • Sub Bagian Anggaran
  2. Bagian Kerjasama , dengan Sub Bagian antara lain :
    • Sub Bagian Kerjasama Dalam Neger
    • Sub Bagian Kerjasama Luar Negeri
  3. Bagian Evaluasi dan Pelaporan, dengan Sub Bagian antara lain :
    • Sub Bagian Evaluasi
    • Sub Bagian Pelaporan

Seiring dengan perubahan unit sejak tahun 1992 hingga tahun 2006, pemangku jabatan Kepala Biro pun silih berganti. Tabel di bawah menunjukkan pejabat Kepala Biro Perencanaan sejak tahun 1992 hingga sekarang.

Kepala Biro Perencanaan
No Nama Masa Jabatan
1 Drs J Moersito MM 1992 - 1993
2 Dr Ir Wendy Aritenang MSc 1994 - 1998
3 Dr Ir Kardono 1998 - 2000
4 Dr Ir Marzan Aziz Iskandar 2000 - 2002
5 Dr Ir Teguh Rahardjo MSc 2002 - 2006
6 Ir Kunto Ismoyo MT 2006 - 2010 (juli)6
7 Ir YBS Sananugraha M.Eng Juli 2010 -Jan 2012
8 Ir Samsul Bahri, MSc Jan 2012 - Sekarang

Misi dan Visi

Visi Biro Perencanaan adalah pelayanan prima dalam bidang perencanaan dan pengelolaan program dan anggaran BPPT untuk mendorong kemitraan dan pemanfaatan teknologi secara optimal dan akuntabel. Misi Biro Perencanaan adalah :

  1. Melaksanakan pelayanan prima dalam bidang perencanaan, evaluasi, pelaporan dan kerjasama program dan anggaran.
  2. Mewujudkan program lembaga yang termanfaatkan oleh masyarakat dan industri.
  3. Meningkatkan jaringan kemitraan dengan masyarakat dan industri.

Dalam rangka menjalankan misi melalui pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Biro Perencanaan guna mencapai visi yang diinginkan, Biro Perencanaan mempunyai proses bisnis yang meliputi :

  1. Proses penyelarasan program
  2. Proses pengusulan program BPPT
  3. Proses koordinasi program
  4. proses monitoring dan evaluasi program/kegiatan
  5. Pembuatan dan distribusi laporan
  6. Pelayanan data dan diseminasi informasi

Seperti digambarkan oleh diagram dibawah ini :

prosedur biro

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Biro Perencanaan berubah kembali dengan adanya restrukturisasi bulan Januari 2012, terjadi pergantian Kepala Biro yang baru , pergantian 1 (satu) Kepala Bagian yaitu Ka Bag Evaluasi dan Pelaporan , serta pergantian Kepala Sub Bagian, yaitu Kepala Sub Bagian Kerjasama Luar Negeri, adapun struktur organisasi selengkapnya adalah sebagai berikut :


struktur

Komposisi SDM

Komposisi Sumber Daya Manusia di Biro Perencanaan dapat dipandang sebagai kekuatan sumber daya organisasi yang di kategorikan dalam jenis kelamin , latar belakang ilmu dan jenjang pendidikan.